Skip to main content

CARA MEMBUAT IKLAN ATAU COPYWRITING



CARA MEMBUAT IKLAN ATAU COPYWRITING YANG MENARIK
a.       HEADLINE

Headline sama dengan judul, berfungsi menarik minat dan membuat pembaca jatuh hati pada pandangan pertama.
Headline biasanya terdiri dari 2-3 kata atau lebih dengan font yang berbeda dari yang lain serta berisi kalimat yang kuat dan persuasive serta cenderung provokatif.

b.      SUB JUDUL
Sub judul bertujuan untuk menjelasaskan headline yang sudah ada. Sub judul atau sub headline harus konsisten dan mendukung headline.

c.       ISI IKLAN ( BODY COPY )
Body copy bertujuan untuk membuat pesan dan pusat informasi yang rinci dari sebuah iklan. Oleh karena itu, gunakan kalimat yang padat dan detail agar pembaca merasa puas dan tidak rugi karena tidak menghabiskan waktu untuk membaca sesuatu yang ternyata tidak berfaedah.

Bagian – bagian dari body copy :

1.       Promosi


Sudah menjadi rahasia umum dan banyak contoh dari kalimat atau kata – kata yang membuat promosi anda berhasil. Pada intinya semua contoh tersebut merujuk pada ajakan.

2.       Penawaran
Tujuan dari pembuatan penawaran adalah pembaca, calon pembeli dan target pasar anda menyesal ketika harus menolak penawaran anda.
Dan satu hal lagi yang perlu di ingat bahwa seseorang membeli atau menggunakan produk dan jasa anda bukan sekedar tertarik, tapi karena mempunyai harapan produk atau jasa anda memberikan solusi dari permasalahan yang mereka hadapi.
Ketika anda memikirkan ide penawaran yang menarik, pikirkanlah jika anda menjadi seorang pembeli.

3.       Alasan
Alasan disini berarti tentang kenapa, bagaimana, dan siapa yang berkaitan dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.
Tujuan dari alasan adalah untuk memperkuat dan meyakinkan promosi serta penawaran sebelumnya yang sudah anda buat.
Berikan alasan mengapa, begini, begitu untuk membuat pembaca dan target pasar anda berpikir lalu menentukan sikap. Harapan nya, alasan yang dicantumkan dalam body copy bisa membuat dan menununtun pembaca dan target pasar anda untuk membeli dan menggunakan produk atau jasa milik anda.

4.       Bonus

Dalam persaingan bisnis semacam ini, sepertinya segala cara biasa saja di lakukan. Memberikan bonus misalnya, hal ini sudah biasa dilakukan sejak dulu. Akan tetatapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika anda akan menggunakan bonus sebagai senjata untuk menarik perhatian dan taget pasar anda. Salah satunya adalah dengan  melih bonus yang tepat dan relavan dengan produk atau jasa anda.

5.       Garansi

Garansi menjadi hal yang juga di perhatikan ketika seseorang akan membeli dan menggunakan produk atau jasa tertentu. Mengapa ?
Kekuatan dari jasa menggunakan garansi adalah calon pelanggan dan target pasar anda akan merasa aman karena ada jaminan yang akan mereka dapatkan setelah membeli produk atau jasa anda.
Dengan begitu, ketika ada kerusakan atau hal teknis lain yang tidak sesuai dengan apa yang di tawarkan seseorang bisa melalkukan complain terhadap barang atau jasa tersebut.
Peraturan terkait garansi atau jaminan ternyata diatur dalam undang - undang lho, dengan begitu manfaatkan senjata garansi agar meyakinkan target pasar anda terhadap kualitas produk atau jasa yang anda tawarkan.

6.       Ilustrasi
Ketika kita berperan sebagai pembaca awam, kita akan lebih tertarik pada tulisan yang di lengkapi dengan gambar atau ilustrasi. Karena percayalah, terkadang pesan dalam ilustrasi lebih mudah di tangkap dibandingkan tulisan yang terlalu panjang dan mungkin memuat kata-kata yang sulit di mengerti. Selain itu, memberikan ilustrasi pada body copy juga berfungsi sebagai jeda sebelum dan sesudah membaca penjelasan terkait produk atau jasa yang anda tawarkan. Dengan begitu membaca tidak menjadi hal yang membosankan.

d.      CLOSING

Tahap akhir adalah closing atau penutup. Di bagian ini perintah - perintah dan catatan penting yang belum sempat tersampaikan di body copy akan di jelaskan secara rinci dan menarik.

Berikut adalah bagian – bagian dari closing :

1.        Testimoni

Testimoni bertujuan untuk meyakinkan pembaca dan target pasar anda terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.
Suatu hal yang wajar ketika kita akan menawarkan produk, tentu kita akan melakukan trial. Dari trial atau percobaan terkait produk atau jasa anda, pasti akan banyak komentar, saran, dan masukan dari berbagai pihak yang sudah mencoba produk atau jasa anda. Disitulah anda memanfaatkan komentar dan saran mereka sebagai bentuk testimoni.
Manfaatkan testimoni dengan baik dan bijak. Kalo perlu, jangan hanya testimoni bagus saja yang diperlihatkan, akan tetapi saran yang baik dan membangun juga bisa anda cantumkan, karena hal tersebut mengindikasikan bahwa anda adalah seorang yang terbuka dan mau menerima masukan dari orang lain.

2.        Call to action

Call To Action ( CTA ). Tujuan dari di buat nya CTA adalah untuk membuat pembaca dan target pasar yang sudah membaca copy anda melakukan tindakan, yaitu menghubungi anda atau memesan dan membeli  produk atau jasa yang anda tawarkan.
Agar CTA lebih efektif, gunakanlah printah dalam satu penawaran. Jangan gunakan satu perintah untuk berbagai macam pena waran atau sebalik nya. Jangan terlalu banyak basa – basi karena ini suatu perintah yang harus segera dilakukan.

3.       Catatan kecil
Fungsi dari catatan kecil atau notabene adalah meyakinkan calon pembeli agar membeli dan menggunakan produk atau jasa yang anda tawarkan dan membuat calon pembeli berpikir ulang.
Yang di tulis dalam catatan kecil adalah kalimat atau ajakan kepada pembaca atau target pasar anda untuk mengambil keputusan secepat mungkin.

Gimana suadah paham kan cara membuat iklan atau copy writing yang menarik ?
Jika ada yang mau di tanyakan langsung aja tulis di kolom komentar. Jangan ragu – ragu gratis ko. Hehe

 

Comments

Popular posts from this blog

Cara melihat CCTV SPC di PC atau Laptop menggunakan SCMS

Pertama kita instal dulu software SCMS nya, biasa nya sudah ada CD yang berisikan software di dalam dus UVR/DVR, instal seperti biasa, jika sudah selesai buka software SCMS. Gambar di atas adalah tampilan awal SCMS.  Untuk password tidak usah di isi dan langsung klik login. Setelah anda klik login selanjut nya akan muncul seperti gambar di atas, disini kita klik Device Manager untuk menambahkan device baru. Gambar di atas adalah tampilan dari menu  Device Manager, untuk menambahkan device baru  kita pilih Manual Add, letak nya ada di pojok kiri bawah. Setelah kita klik Manual Add akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini  Isi Device name bebas terserah anda, Connect Mode ubah menjadi Cloud ID, isi Cloud ID menggunakan serial number yang ada di DVR/UVR, biasa nya berada di bagian bawah DVR, atau jika masih ada kardus nya ada di bagian atas kardus UVR, dan apabila tidak ada dua2 nya, bisa di lihat di menu network UVR/DVR tep...

Pengertian POAC, SMART dan SWOT

Assalamualaiku, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang " POAC, SMART dan SWOT ". Biasanya semua itu ada di pelajaran manajemen. Langsung aja kita bahas satu persatu. 1. Apasih manajemen itu ? Manajemen  adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Manajemen belum memiliki definisi yang luas dan diterima secara universal.  ( sumber ) 2. Apasih POAC itu ? POAC.  Adalah kepanjangan dari Planning , Organiting , Actuating...

Bikin Form Login di Java (Netbeans)

Assalamu'alaikum wr wb. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial membuat form login di java (Netbeans). Gambar di atas adalah tampilan menu design dari form login. cukup sederhana bukan hhe Oke langsung aja masuk ke tahap pertama pembuata form login. 1. Buatlah 3 buah Label, Label ini berfungsi untuk pemberian nama seperti judul, username, dan password, cara mengubah nama di Label bisa dengan cara double klik dan ubah nama nya. Label sendiri terletak di bagian Swing Controls dan bernama Label. 2. Langkah keduan adalah dengan membuat 1 buah Text Field, disini Text Field berfungsi untuk menampung inputan user dalam memasukan username. Sama hal nya dengan Label, Text Field juga bisa di edit dengan cara double klik dan hapus semua huruf nya. Agar Text Field mudah di panggil ubah nama variable nya dengan cara klik kanan di Text Field nya lalu pilih change variable name, setelah itu edit namanya sesuai yg anda inginkan. Disini saya merubah namanya menjadi...