CARA MEMBUAT
IKLAN ATAU COPYWRITING YANG MENARIK
a. HEADLINE
Headline sama dengan judul, berfungsi
menarik minat dan membuat pembaca jatuh hati pada pandangan pertama.
Headline biasanya terdiri dari 2-3 kata
atau lebih dengan font yang berbeda dari yang lain serta berisi kalimat yang
kuat dan persuasive serta cenderung provokatif.
b. SUB JUDUL
Sub
judul bertujuan untuk menjelasaskan headline
yang sudah ada. Sub judul atau sub headline harus konsisten dan
mendukung headline.
c. ISI IKLAN ( BODY COPY )
Body copy
bertujuan untuk membuat pesan dan pusat informasi yang rinci dari sebuah iklan.
Oleh karena itu, gunakan kalimat yang padat dan detail agar pembaca merasa puas
dan tidak rugi karena tidak menghabiskan waktu untuk membaca sesuatu yang
ternyata tidak berfaedah.
Bagian – bagian dari body copy :
1. Promosi
Sudah menjadi rahasia umum dan banyak contoh dari kalimat atau kata –
kata yang membuat promosi anda berhasil. Pada intinya semua contoh tersebut
merujuk pada ajakan.
2. Penawaran
Tujuan dari pembuatan penawaran adalah pembaca, calon pembeli dan target
pasar anda menyesal ketika harus menolak penawaran anda.
Dan satu hal lagi yang perlu di ingat bahwa seseorang membeli atau
menggunakan produk dan jasa anda bukan sekedar tertarik, tapi karena mempunyai
harapan produk atau jasa anda memberikan solusi dari permasalahan yang mereka
hadapi.
Ketika anda memikirkan ide penawaran yang menarik, pikirkanlah jika anda
menjadi seorang pembeli.
3. Alasan
Alasan disini berarti tentang kenapa, bagaimana, dan siapa yang berkaitan
dengan produk atau jasa yang anda tawarkan.
Tujuan dari alasan adalah untuk memperkuat dan meyakinkan promosi serta
penawaran sebelumnya yang sudah anda buat.
Berikan alasan mengapa, begini, begitu untuk membuat pembaca dan target
pasar anda berpikir lalu menentukan sikap. Harapan nya, alasan yang dicantumkan
dalam body copy bisa membuat dan
menununtun pembaca dan target pasar anda untuk membeli dan menggunakan produk
atau jasa milik anda.
4. Bonus
Dalam persaingan bisnis semacam ini, sepertinya segala cara biasa saja di
lakukan. Memberikan bonus misalnya, hal ini sudah biasa dilakukan sejak dulu.
Akan tetatapi ada beberapa hal yang harus di perhatikan ketika anda akan
menggunakan bonus sebagai senjata untuk menarik perhatian dan taget pasar anda.
Salah satunya adalah dengan melih bonus
yang tepat dan relavan dengan produk atau jasa anda.
5. Garansi
Garansi menjadi hal yang juga di perhatikan ketika seseorang akan membeli
dan menggunakan produk atau jasa tertentu. Mengapa ?
Kekuatan dari jasa menggunakan garansi adalah calon pelanggan dan target
pasar anda akan merasa aman karena ada jaminan yang akan mereka dapatkan
setelah membeli produk atau jasa anda.
Dengan begitu, ketika ada kerusakan atau hal teknis lain yang tidak
sesuai dengan apa yang di tawarkan seseorang bisa melalkukan complain terhadap
barang atau jasa tersebut.
Peraturan terkait garansi atau jaminan ternyata diatur dalam undang - undang
lho, dengan begitu manfaatkan senjata garansi agar meyakinkan target pasar anda
terhadap kualitas produk atau jasa yang anda tawarkan.
6. Ilustrasi
Ketika kita berperan sebagai pembaca awam, kita akan lebih tertarik pada
tulisan yang di lengkapi dengan gambar atau ilustrasi. Karena percayalah,
terkadang pesan dalam ilustrasi lebih mudah di tangkap dibandingkan tulisan
yang terlalu panjang dan mungkin memuat kata-kata yang sulit di mengerti.
Selain itu, memberikan ilustrasi pada body
copy juga berfungsi sebagai jeda sebelum dan sesudah membaca penjelasan
terkait produk atau jasa yang anda tawarkan. Dengan begitu membaca tidak
menjadi hal yang membosankan.
d. CLOSING
Tahap akhir adalah closing atau penutup. Di
bagian ini perintah - perintah dan catatan penting yang belum sempat
tersampaikan di body copy akan di
jelaskan secara rinci dan menarik.
Berikut adalah bagian – bagian dari closing
:
1. Testimoni
Testimoni bertujuan untuk meyakinkan pembaca dan target pasar anda
terhadap produk atau jasa yang anda tawarkan.
Suatu hal yang wajar ketika kita akan menawarkan produk, tentu kita akan
melakukan trial. Dari trial atau percobaan terkait produk atau jasa anda, pasti
akan banyak komentar, saran, dan masukan dari berbagai pihak yang sudah mencoba
produk atau jasa anda. Disitulah anda memanfaatkan komentar dan saran mereka
sebagai bentuk testimoni.
Manfaatkan testimoni dengan baik dan bijak. Kalo perlu, jangan hanya
testimoni bagus saja yang diperlihatkan, akan tetapi saran yang baik dan
membangun juga bisa anda cantumkan, karena hal tersebut mengindikasikan bahwa
anda adalah seorang yang terbuka dan mau menerima masukan dari orang lain.
2. Call
to action
Call To Action ( CTA ). Tujuan dari di buat nya CTA adalah untuk membuat
pembaca dan target pasar yang sudah membaca copy anda melakukan tindakan, yaitu
menghubungi anda atau memesan dan membeli
produk atau jasa yang anda tawarkan.
Agar CTA lebih efektif, gunakanlah printah dalam satu penawaran. Jangan
gunakan satu perintah untuk berbagai macam pena waran atau sebalik nya. Jangan
terlalu banyak basa – basi karena ini suatu perintah yang harus segera
dilakukan.
3. Catatan kecil
Fungsi dari catatan kecil atau notabene
adalah meyakinkan calon pembeli agar membeli dan menggunakan produk atau
jasa yang anda tawarkan dan membuat calon pembeli berpikir ulang.
Yang
di tulis dalam catatan kecil adalah kalimat atau ajakan kepada pembaca atau
target pasar anda untuk mengambil keputusan secepat mungkin.
Gimana suadah paham kan cara membuat iklan atau copy writing
yang menarik ?
Jika ada yang mau di tanyakan langsung aja tulis di kolom
komentar. Jangan ragu – ragu gratis ko. Hehe
Comments