Skip to main content

Shortcut System Configuration di cmd

Assalamu'alaikum, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit menjelaskan tentang "fungsi dasar configuration dan contoh nya", oh iya, contoh yang saya berikan bisa di jalankan di cmd.
Oke langsung aja..

MSCONFIG (Microsoft Configuration) merupakan tool bawaan windows pada semua versi digunakan untuk troubleshooting seprti mendisable software/driver/dll, dari boot up, dan bisa membantu dalam memecahkan maslah pada komputer. selain itu pada tools MSCONFIG ini Anda dapat meningkatkan performance komputer. untuk mengakses MSCONFIG, klik start -> Run ketik 'MSCONFIG' kemudian klik 'ok'.

Fungsi MSCONFIG


  • Costumisasi start-up, baik start-up by user maupun by system tanpa menghapus shortcut, cukup men-enable yang mau di jalankan pada start-up atau mendisable jika tidak mau menjalankan pada start-up.
  • Costumisasi booting, msalnya menghilangkan logo winXP pada saat booting. 
  • Menpercepat dan megoptimalkan windows tanpa software. 

Berikut beberapa fitur dari MSCONFIG yang bisa menpercepat dan megoptimalkan windows Anda.

GENERAL


Pada tab- general ini kita bisa me-modifikasi konfigurasi sistem dengan memilih metode bagaimana proses loading Windows akan dilakukan. Disini ada 3 (tiga) cara utama. Yaitu :

  1. Normal Startup – semua driver dan services akan di-load.
  2. Diagnostic Startup – hanya driver dan services standard saja yang di-load. 
  3. Selective Startup – hanya bagian terpilih yang akan di-load.

Pada metode ini sistem Windows dibagi menjadi lebih luas lagi yaitu SYSTEM.INI, WIN.INI, SYSTEM SERVICES, dan START UP ITEMS dengan pilihan booting menggunakan file- BOOT.INI yang asli atau yang sudah kita modifikasi.

BOOT


Pada tab-BOOt akan terlihat jenis windows yang terpasang pada tab ini kita bisa mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk booting dengan mengganti angka di dalam box- [Timeout] (defaultnya = 30 detik). Sementara itu penggunaan tombol [Advance Options..] memerlukan sedikit pengetahuan tentang alokasi memory, kernel processor dll.

SERVICES


Pada window MSCONFIG, buka tab services. pada tab ini akan terlihat service yang otomatis dijalankan windows pada saat start-up. ada beberapa servicesyang tidak perlu dan sebaiknya di matikan, yaitu:
  1. Automatic Update. Service ini jika Anda ingin otomatis update windows. sebaiknya di disable saja.
  2. Error Reporting Service. Jiak Anda pernah melihat window yang isinya "Error Occured......." terus ada pilihan send atau don't send. itulah gunanya dari service ini.kita biasanya memilihi don't send, so service ini sebaiknya di matikan saja. 
  3. Remote Desktop Help Manager. digunakan untuk membantu Anda jika mengalami kesultan atau error di windows, Anda bisa meminta teman Anda untuk mengakses komputer anda dari jarak jauh. Jika anda tidak pernah memakainya sebaiknya service ini di matikan.
  4. Uninterruptible Power Supplay (UPS). ini hanya jika komputer Anda menggunakan UPS. matiak service ini jika tidak menggunakan UPS. 
  5. Even Log. Windows mencatat semua log tentang apa saja yang terjadi di windows. Jiak tidak pernah menggunakan even log (ada di Control Panel > Administratif Tool), maka sebaiknya di matikan saja.
  6. Help and Support. Mendapatkan file support dengan menekan F1 untuk mengaktifkan.Apakah anda cukup sering melakukan dan membaca help file dari Windows, Anda matikan fitur ini jika tidak menggunakan Help and Support.
  7. Net Logon. Supports pass-through authentication of account logon events for computers in a domain. Bila anda terhubung dengan network dan sebuah domain. Fitur ini diperlukanTetapi bila anda hanya mengunakan computer sendiri saja dan tidak memiliki domain. Fitur ini dapat dimatikan.
  8. Remote Registry. Memberikan otorisasi remote user memodifikasi registry pada sebuah computer. Sebaiknya dimatikan.
  9. Security Center. Monitors system security settings and configurations.” Menampilkan Pop Up ketika firewall down, Anti virus telah out o date atau sistem Windows update sengaja dimatikan.Bila anda selalu memonitor ke 3 fungsi diatas, fitur ini dapat dimatikan.Karena fungsi Security center hanya memonitor dan bukan mencegah dan lebih baik mengawasi langsung dari program Anti Virus Anda.
  10. TCP/IP NetBIOS Helper. Provides user experience theme management support for NetBIOS over TCP/IP (NetBT) service and NetBIOS name resolutionMatikan bila anda tidak memerlukan NetBIOS untuk network. 

STARTUP


Didalamnya berisi daftar aplikasi/program resident. Yaitu program yang otomatisaktif saat Windows loading. Beberapa program memang kadang diperlukan, tetapi kebanyakan hanya akan memperlambat proses loading Windows dan menambah berat performa sistem.
Dan di bawah ini adalah shortcut windows yang bisa di jalankan di cmd.
Calculator
calc

Certificate Manager
certmgr.msc

Character Map
charmap

Check Disk Utility
chkdsk

Component Services
dcomcnfg

Computer Management
compmgmt.msc

Date and Time Properties
timedate.cpl

Device Manager
devmgmt.msc

Direct X Troubleshooter
dxdiag

Disk Partition Manager
diskpart

Gimana  ? yang di atas itu hanya sebagian saja, sebenarnya masih banyak sekali shortcut yg bisa di jalankan di cmd. Semoga membantu.
seeyouangain..

Comments

Popular posts from this blog

Cara melihat CCTV SPC di PC atau Laptop menggunakan SCMS

Pertama kita instal dulu software SCMS nya, biasa nya sudah ada CD yang berisikan software di dalam dus UVR/DVR, instal seperti biasa, jika sudah selesai buka software SCMS. Gambar di atas adalah tampilan awal SCMS.  Untuk password tidak usah di isi dan langsung klik login. Setelah anda klik login selanjut nya akan muncul seperti gambar di atas, disini kita klik Device Manager untuk menambahkan device baru. Gambar di atas adalah tampilan dari menu  Device Manager, untuk menambahkan device baru  kita pilih Manual Add, letak nya ada di pojok kiri bawah. Setelah kita klik Manual Add akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini  Isi Device name bebas terserah anda, Connect Mode ubah menjadi Cloud ID, isi Cloud ID menggunakan serial number yang ada di DVR/UVR, biasa nya berada di bagian bawah DVR, atau jika masih ada kardus nya ada di bagian atas kardus UVR, dan apabila tidak ada dua2 nya, bisa di lihat di menu network UVR/DVR tepat nya di bagian P2

Pengertian POAC, SMART dan SWOT

Assalamualaiku, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang " POAC, SMART dan SWOT ". Biasanya semua itu ada di pelajaran manajemen. Langsung aja kita bahas satu persatu. 1. Apasih manajemen itu ? Manajemen  adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Manajemen belum memiliki definisi yang luas dan diterima secara universal.  ( sumber ) 2. Apasih POAC itu ? POAC.  Adalah kepanjangan dari Planning , Organiting , Actuating dan Con

Bikin Form Login di Java (Netbeans)

Assalamu'alaikum wr wb. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial membuat form login di java (Netbeans). Gambar di atas adalah tampilan menu design dari form login. cukup sederhana bukan hhe Oke langsung aja masuk ke tahap pertama pembuata form login. 1. Buatlah 3 buah Label, Label ini berfungsi untuk pemberian nama seperti judul, username, dan password, cara mengubah nama di Label bisa dengan cara double klik dan ubah nama nya. Label sendiri terletak di bagian Swing Controls dan bernama Label. 2. Langkah keduan adalah dengan membuat 1 buah Text Field, disini Text Field berfungsi untuk menampung inputan user dalam memasukan username. Sama hal nya dengan Label, Text Field juga bisa di edit dengan cara double klik dan hapus semua huruf nya. Agar Text Field mudah di panggil ubah nama variable nya dengan cara klik kanan di Text Field nya lalu pilih change variable name, setelah itu edit namanya sesuai yg anda inginkan. Disini saya merubah namanya menjadi