Skip to main content

HTML itu apa ya ??



HTML merupakan singkatan dari Hypertxt Markup Language yaitu bahasa standar web yang dikelola penggunanya oleh W3C (World Wide Web Consurtium) berupa tag - tag yang menyusun setiap elemen dari website. HTML berperan sebagai penyusun struktur halaman website yang menempatkan setiap elemen website sesuai layout yang di inginkan.

HTML biasanya disimpan dalam sebuah file berekstensi .html. Untuk mengetikan skrip HTML dapat menggunakan text editor seperti Notepad sebagai bentuk paling sederhana atau text editor khusus yang dapat mengenali setiap unsur skrip HTML dan menampilkan nya dengan warna yang berbeda sehingga mudah di baca, seperti notepad++, sublime text, dan masih banyak lagi aplikasi lain yang sejenis.

1. Unsur HTML
HTML terdiri atas unsur - unsur yang membentuk struktur skrip HTML, yaitu tag, atribut, dan elemen.

a. Tag adalah simbol khusus (markup) berupa dua karakter"<" dan ">" yang mengampit suatu teks sebagai nama tag. Contohnya tag <body> adalah tag dengan nama body. Sebagian besar tag memiliki tag pembuka dan penutup yang membatasi pengaruh dari tag tersebut. Penutup tag ditambah simbol "/" setelah tanda "<", misalnya </body> yang merupakan penutup tag <body>.

Berikut adalah karateristik dari tag HTML :
 1. Tag boleh ditulis dengan huruf besar (kapital), kecil ataupun campuran, karena sifatnya yang incase sensitive. Misal nya <BODY>, <Body>, atau <body> semuanya memiliki hasil yang sama . Namun untuk standarnya lebih baik menggunakan huruf kecil.
 2. Tag bisa berisi tag lain. Tag yang dibuka dahulu ditutup terakhir, sedangkan tag yang dibuka terakhir di tutup pertama. Namun, kesalahan dalam struktur ini tidak mengakibatkan error. Misalnya : <p> Saya suka <b> HTML</b></p>.

b. Atribut merupakan property yang mengatur bagaimana elemen dari suatu tag akan ditampilkan. Atribut di dalam simbol tag setelah nama tag dengan dipisahkan oleh spasi. Atribut ada yang memiliki nilai dan ada yang tidak memiliki nilai. Nilai suatu atribut ditulis di dalam tanda petik ganda ("..."), dipisahkan dengan simbol sama dengan (=) dari nama atribut. Misalnya : <p Align="center">.

Berikut adalah karateristik atribut :
 1. Atribut hanya ditulis pada tab pembuka.
 2. Setiap tag memiliki atribut yang berbeda - beda yang dapat diterapkan pada tab tersebut.
 3. Beberapa atribut ada yang bisa diterapkan ke semua tag atau disebut global attribute, misalnya : class, id, style, dan sebagainya.
 4. Sebuah tag dapat ditulis dengan suatu atribut, banyak atribut, atau tanpa atribut sama sekali.
 5. Jika tag ditulis dengan banyak atribut, masing - masing atribut dipisahkan oleh spasi.

c. Element adalah bagian dari skrip HTML yang terdiri dari tag pembuka, isi element dan penutup. Jika sebuah element ditampilkan pada broswer, maka hanya isi element yang tampil di broswer. Misalnya : <p> aku senamg belajar HTML</p> . Jika ditampilkan pada broswer, maka tulisan nya "aku senang belajar HTML" yang akan tampil di broswer.

2. Struktur dasar HTML
HTML disimpan dengan ekstensi *.html, jika di dalamnya tidak mengandung skrip PHP. Jika di dalam nya mengandung skrip PHP, maka disimpan dengan ekstensi *.PHP.
Dalam penulisan HTML ada beberapa tag yang wajib dituliskan dengan struktur yang sudah ditentukan. Setiap file HTML harus menerapkan struktur tersebut, yaitu sebagai berikut :

<!DOCTYPE HTML>
<html>
      <head>
             <title> Judul halaman </title>
      </head>
      <body>
            Isi halaman
      </body>
</html>

Berikut adalah penjelasan dan fungsi dari masing - masing tag di atas sebagai berikut :

 1. <DOCTYPE HTML> adalah tag awal dari setiap dokumen HTML yang berfungsi untuk menginformasikan pada broswer bahwa dokumen yang sedang dibuka adalah dokumen HTML. Tag ini perlu dicantumkan pada setiap awal penulisan HTML.
 2. <html> ... </html> adalah tag yang menunjukan pembuka dan penutup dokumen html.
 3. <head> ... </head> adalah tag yang digunakan untuk menyimpan berbagai informasi tentang dokumen HTML. Apa yang terdapat di dalam tag ini tidak di tampilkan di broswer.
4. <title> ... </title> adalah tag yang digunakan untuk membuat judul website yang akan muncul di title bar broswer.
 5. <body> ... </body> adalah tag yang menunjukan bagian utama website. Semua yang akan ditampilkan pada halaman broswer dituliskan di dalam tag ini.

Gimana udah cukup tau bukan ? Sebenarnya masih banyak yang saya ingin bahas seperti, pemformatan paragraf dan teks, list, tabel, menambahkan gambar, link, iframe, dan folmulir tapi waktu yang memisahkan kita hhe
Semoga bermanfaat :) 

Comments

Popular posts from this blog

Cara melihat CCTV SPC di PC atau Laptop menggunakan SCMS

Pertama kita instal dulu software SCMS nya, biasa nya sudah ada CD yang berisikan software di dalam dus UVR/DVR, instal seperti biasa, jika sudah selesai buka software SCMS. Gambar di atas adalah tampilan awal SCMS.  Untuk password tidak usah di isi dan langsung klik login. Setelah anda klik login selanjut nya akan muncul seperti gambar di atas, disini kita klik Device Manager untuk menambahkan device baru. Gambar di atas adalah tampilan dari menu  Device Manager, untuk menambahkan device baru  kita pilih Manual Add, letak nya ada di pojok kiri bawah. Setelah kita klik Manual Add akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini  Isi Device name bebas terserah anda, Connect Mode ubah menjadi Cloud ID, isi Cloud ID menggunakan serial number yang ada di DVR/UVR, biasa nya berada di bagian bawah DVR, atau jika masih ada kardus nya ada di bagian atas kardus UVR, dan apabila tidak ada dua2 nya, bisa di lihat di menu network UVR/DVR tepat nya di bagian P2

Pengertian POAC, SMART dan SWOT

Assalamualaiku, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang " POAC, SMART dan SWOT ". Biasanya semua itu ada di pelajaran manajemen. Langsung aja kita bahas satu persatu. 1. Apasih manajemen itu ? Manajemen  adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Manajemen belum memiliki definisi yang luas dan diterima secara universal.  ( sumber ) 2. Apasih POAC itu ? POAC.  Adalah kepanjangan dari Planning , Organiting , Actuating dan Con

Bikin Form Login di Java (Netbeans)

Assalamu'alaikum wr wb. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial membuat form login di java (Netbeans). Gambar di atas adalah tampilan menu design dari form login. cukup sederhana bukan hhe Oke langsung aja masuk ke tahap pertama pembuata form login. 1. Buatlah 3 buah Label, Label ini berfungsi untuk pemberian nama seperti judul, username, dan password, cara mengubah nama di Label bisa dengan cara double klik dan ubah nama nya. Label sendiri terletak di bagian Swing Controls dan bernama Label. 2. Langkah keduan adalah dengan membuat 1 buah Text Field, disini Text Field berfungsi untuk menampung inputan user dalam memasukan username. Sama hal nya dengan Label, Text Field juga bisa di edit dengan cara double klik dan hapus semua huruf nya. Agar Text Field mudah di panggil ubah nama variable nya dengan cara klik kanan di Text Field nya lalu pilih change variable name, setelah itu edit namanya sesuai yg anda inginkan. Disini saya merubah namanya menjadi