Skip to main content

TRANSACTION PROCESSING SYSTEM (TPS) Pada perusahaan KFC

Transaction Processing System (TPS) 

Sumber google.com

Adalah sistem informasi yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar untuk transaksi bisnis rutin.

Untuk penerapannya kita memilih sistem point of sale POS pada KFC, berikut analisnya:

KARAKTERISTIM SISTEM INFORMASI MANAJEMEN


  • KOMPONEN

Suatu system terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi, yang artinya saling bekerja sama membentuk satu kesatuan. Komponen-komponen system atau elemen-elemen system dapat berupa suatu subsistem atau bagian-bagian dari system.
menghitung total transaksi
menghitung total pengunjung
menghitung pengurangan menu masakan
menghitung total pembayaran

  • BATASAN
Merupakan daerah yang membatasi antara suatu system dengan system yang lainnya atau dengan lingkungan luarnya.
sistem point of sale (POS) pada KFC

  • LINGKUNGAN LUAR
Lingkungan luar dari suatu system adalah apapun diluar batas dari system yang mempengaruhi operasi system.
sistem transaksi
sistem rekap masakan
sistem member
sistem pembayaran

  • PENGHUBUNG
Penghubung system merupakan media penghubung anatara satu subsistem dengan subsistem lainnya.
mencocokan customer dengan transaksi dan pembayaran

  • MASUKAN
Masukan system adalah energi yang dimasukkan kedalam system.
customer

  • PENGOLAH
Suatu system dapat mempunyai suatu bagian pengolah yang akan merubah masukan menjadi keluaran.
sistem akuntansi

  • KELUARAN
Keluaran system adalah hasil dari energi yang diolah dan diklasifikan menjadi keluaran yang berguna dan sisi pembuangan.
nota pembelian

  • SASARAN DAN TUJUAN
Tujuan Sistem merupakan target atau sasaran akhir yang ingin dicapai oleh suatu system. Suatu system dikatakan berhasil bila mengenai sasaran atau tujuannya.
memperbaiki management dan mempermudah pengolahan data


ELEMEN – ELEMEN FISIK

  • HADWARE
Hardware yang digunakan pada sistem informais perpustakaan ini adalah komponen pada komputer yang dapat terlihat dan disentuh secara fisik.
Computer, mesin printer, mesin edc, scanner, lcd,

  • SOFTWARE
software atau perangkat lunak merupakan jembatan penghubung yang menghubungkan antara pengguna dengan hardware sehingga dapat melakukan suatu perintah tertentu.
Windows, office, aplikasi kasir,  oracle.

  • BLAINWARE
Brainware adalah seseorang yang terlibat dalam pengoperasian serta pengaturan sistem yang ada dalam perangkat komputer.
manajer , bendahara, karyawan.

  • DATA
Data adalah fakta-fakta mentah yang harus dikelola untuk menghasilkan suatu informasi yang memiliki arti bagi suatu organisasi atau perusahaan. Data terdiri atas fakta-fakta dan angka-angka yang secara relatif tidak berarti bagi pemakai atau fakta mentah yang belum diolah.
data transaksi, struk pembelian, rekap saldo

  • PROSEDURE
Prosedur dapat dikatakan juga sebagai rangkaian aktivitas atau langkah-langkah yang harus dijalankan supaya dapat menghasilkan hasil yang diinginkan
buku panduan untuk menggunakan aplikasi, tatacara pelayanan terhadap customer, tatacara pembelian lewat website.

 KOMPONEN TEKNOLOGI

  • INPUT
Input mewakili data yang masuk kedalam sistem informasi. Input yang dimaksud adalah metode dan media untuk menangkap data yang akan dimasukan, yang dapat berupa dokumen – dokumen dasar.
customer, kasir, daftar makanan

  • MODEL
Blok ini terdiri dari kombinasi prosedur, logika, dan model matematik yang akan memanipulasi data input dan data yang tersimpan di basis data dengan cara yang sudah tertentu untuk menghasilkan keluaran yang diinginkan.
absensi karryawan, daftar data pengunjung, rekap saldo, rekap transaksi

  • OUTPUT
Produk dari sistem informasi adalah keluaran yang merupakan informasi yang berkualitas dan dokumentasi yangh berguna untuk semua tingkatan manajemen serta semua pemakain sistem.
nota pembelian, informasi diskon, daftar menu
  • TEHNOLOGI
Teknologi merupakan “tool box” dalam sistem informasi. Teknologi digunakan untuk menerima input, menjalankan model, menyimpan dan mengakses data, menghasilkan dan mengirimkan keluaran, dan membantu pengendalian dari sistem secara keseluruhan.
Kompor listrik, keyboard, mouse, computer all in one,  printer, saner, lcd, mesin edc

  • DATABASE
Basisdata merupakan kumpulan data yang saling berkaitan dan berhubungan satu sama lain, tersimpan diperangkat keras komputer dan menggunakan perangkat lunak untuk memanipulasinya.
Mic office, oracel

  • CONTROL
Beberapa pengendalian perlu dirancang dan diterapkan untuk meyakinkan bahwa hal – hal yang dapat merusak sistem dapat dicegah ataupun bila terlanjur terjadi kesalahan – kesalahan dapat langsung cepat diatasi.
Pengbackupan data yang dilakukan pada server lain
Pencatatan manual pada proses transaksi
Pencatatan manual rekap saldo

 KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

  • KELEBIHAN
Mencegah pengantrial dalam memesan makan
Perekapan data menjadi lebih mudah
Meminimalisir kebohongan pegawai
Memudahkan pelanggan

  • KEKURANGAN
Pelanggan tidak bisa online
Tidak bisa melacak kurir

Comments

Popular posts from this blog

Cara melihat CCTV SPC di PC atau Laptop menggunakan SCMS

Pertama kita instal dulu software SCMS nya, biasa nya sudah ada CD yang berisikan software di dalam dus UVR/DVR, instal seperti biasa, jika sudah selesai buka software SCMS. Gambar di atas adalah tampilan awal SCMS.  Untuk password tidak usah di isi dan langsung klik login. Setelah anda klik login selanjut nya akan muncul seperti gambar di atas, disini kita klik Device Manager untuk menambahkan device baru. Gambar di atas adalah tampilan dari menu  Device Manager, untuk menambahkan device baru  kita pilih Manual Add, letak nya ada di pojok kiri bawah. Setelah kita klik Manual Add akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini  Isi Device name bebas terserah anda, Connect Mode ubah menjadi Cloud ID, isi Cloud ID menggunakan serial number yang ada di DVR/UVR, biasa nya berada di bagian bawah DVR, atau jika masih ada kardus nya ada di bagian atas kardus UVR, dan apabila tidak ada dua2 nya, bisa di lihat di menu network UVR/DVR tepat nya di bagian P2

Pengertian POAC, SMART dan SWOT

Assalamualaiku, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang " POAC, SMART dan SWOT ". Biasanya semua itu ada di pelajaran manajemen. Langsung aja kita bahas satu persatu. 1. Apasih manajemen itu ? Manajemen  adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Manajemen belum memiliki definisi yang luas dan diterima secara universal.  ( sumber ) 2. Apasih POAC itu ? POAC.  Adalah kepanjangan dari Planning , Organiting , Actuating dan Con

Bikin Form Login di Java (Netbeans)

Assalamu'alaikum wr wb. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial membuat form login di java (Netbeans). Gambar di atas adalah tampilan menu design dari form login. cukup sederhana bukan hhe Oke langsung aja masuk ke tahap pertama pembuata form login. 1. Buatlah 3 buah Label, Label ini berfungsi untuk pemberian nama seperti judul, username, dan password, cara mengubah nama di Label bisa dengan cara double klik dan ubah nama nya. Label sendiri terletak di bagian Swing Controls dan bernama Label. 2. Langkah keduan adalah dengan membuat 1 buah Text Field, disini Text Field berfungsi untuk menampung inputan user dalam memasukan username. Sama hal nya dengan Label, Text Field juga bisa di edit dengan cara double klik dan hapus semua huruf nya. Agar Text Field mudah di panggil ubah nama variable nya dengan cara klik kanan di Text Field nya lalu pilih change variable name, setelah itu edit namanya sesuai yg anda inginkan. Disini saya merubah namanya menjadi