Skip to main content

Mengenal Database MySQL


Pengertian dan Tipe Data Database MySQL


Hallo! Apa kabar teman-teman semua, pada kesempatan kali ini saya ingin sedikit membahas tentang database MySQL. Happy reading.

1.       Pengenalan Database
Sebelum lebih jauh membahas database, ada baiknya kenali dulu berbagai istilah yang  sering digunakan pada  pembahasan database, yaitu sebagai berikut :
-          DBMS yaitu system perangkat lunak yang menyediakan layanan bagi user untuk membuat, mengontrol dan mengakses database.
-          Database  atau  basis data, adalah kumpulan informasi yang disimpan dalam computer secara sistematik sehingga dapat diperiksa menggunakan suatu program komputer untuk memperoleh  informasi.
-          Table merupakan kumpulan data yang di organisasikan dalam baris (record)  dan kolom (field). Dalam suatu database biasanya terdiri dari beberapa table.
-          Field merupakan kolom pada table yang memiliki ukuran dan tipe data tertentu.
-          Record merupakan baris data yang mempunyai nilai untuk masing – masing field pada table. Suatu table biasanya mempunyai banyak record.
-          Key merupakan suatu field (kolom) yang dapat dijadikan kunci dalam oprasi  table.
-          SQL  merupakan singkatan dari  Structured Query Language yaitu bahasa yang digunakan untuk mengakses dan memanipulasi database.

2.       Aturan merancang database
Dalam pembuatan aplikasi perlu diperhatikan rancangan database agar aplikasi yang dibuat dapat berjalan sesuai konsep yang drencanakan. Perancangan database yang baik, hendaklah mengikuti peraturan sebagai berikut :
-          Tidak  boleh ada dua data atau lebih yang sama atau redundancy data.
-          Setiap table harus memiliki kolom yang unik yang disebut primary  key. Dimana kolom tersebut tidak dapat berisi  data yang sama.
-          Pembuatan table dan kolom pada table  hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan aplikasi.

3.      Penamaan Identifier
Identifier yaitu kata yang digunakan untuk penamaan database , table maupun kolom pada table. Memilih identifier tidak bebas, tetapi harus memenuhi aturan sebagai berikut :
-          Identifier bersifat case sensitive, artinya huruf besar dan kecil dibedakan. Usahakan konsisten dalam menamai table dan kolom bisa dengan format lower-case, UPPER-CASE atau camelCase, dan sebagainya.
-          Identifier maksimal 64 karakter
-          Jangan menggunakan symbol atau karakter khusus, kecuali strip (-) dan underscore (_)
-          Identifier jangan diawali dengan angka
-          Jangan menggunakan angka yang termasuk dalam SQL
-          Usahakan penamaan table atau kolom mencerminkan data yang akan disimpan pada table atau kolom tersebut

4.       Tipe  data pada MySQL
a.       Tipe Data Numerik
Tipe data numerik digunkan untuk menyimpan data angka. Yang termasuk kelompok tipe data numerik yaitu sebagai berikut:

Tipe Data
Keteranga
Tinyint
Menyimpan bilangan bulat dari -128 hingga 127, ukuran 1 byte
Smallint
Menyimpan bilangan bulat dari -8388608 hingga 8388608 ukuran 3 byte
Int
Menyimpan bilangan bulat dari -21477483648 hingga 21477483648 ukuran 4 byte
Bigint
Menyimpan bilangan bulat dari -19,22x10
Float
Menyimpan bilangan pecahan dari -3.402823466E+38 hingga -1.175494351E-38, 0,  dan 1.175494351E-38 hingga 3.402823466E. Ukuran 4 byte. 
Double
Menyimpan bilangan pecahan dari -1.79…+308 hingga  -2.22…E-308, 0, dan 2.22…E-308. Ukuran 8 byte
Real
Alias dari double
Decimal
Menyimpan bilangan decimal
Numeric
Alias dari decimal

b.      Tipe Data Waktu dan Tanggal
Untuk menyimpan tipe data waktu atau tanggal memiliki pilihan tipe tersendiri. Tipe data yang termasuk dalam kelompok waktu dan tanggal dapat dilihat pada table berikut :

Tipe Data
Keterangan
Date 
Menyimpan data tanggal dari 1000-01-01 hingga 9999-12-31. Ukuran 3 byte
Time
Menyimpan data waktu dengan jangkauan -838:59:59 hingga 838:59:59. Ukuran 3 byte
Datetime
Menyimpan data tanggal dan waktu sekaligus dengan jangkauan 1000-01-01 00:00:00 s/d 9999-12-31 23:59:59. Ukuran 8 byte.
Year 
Menyimpan data tahun dari sebuah tanggal dengan jangkauan 1900 hingga 2155. Ukuran 1 byte.

c.       Tipe Data String
Tipe data dalam kelompok ini digunakan untuk menyimpan data berupa teks. Adapun macam – macam tipe data nya sebagai berikut :

Tipe Data
Keterangan
CharMenyimpan data string dengan ukuran tetap dengan jangkauan 0 sampai 255 karakter.
Varchar 
Menyimpan ukuran data string dengan ukuran dinamis. Jangkauan nya 0 sampai 255
Tinytext 
.Menyimpan data text dengan jangkauan 0 sampai 255 karakter.
Text 
Menyimpan data text dengan jangkauan 0 sampai 65535 karakter.

d.
      Tipe Data BLOB 
Tipe data blob digunakan untuk menyimpan data berupa kode biiner. Yang termasuk tipe data ini yaitu :

Tipe Data
Keteranga
Bit Menyimpan data biner hingga 64 digit biner
Tinyblob Menyimpan data biner hingga 255 digit biner
Blob Menyimpan data biiner dari 2^24 dengan jangkauan 6^16 sampai 6^16 sampai 1
Mediumblob Menyimpan data biner dari 2^24 sampai 1 byte
Longblob 
Menyimpan data biner dari 1^32 sampai 1.


e.
      Tipe Data Lainnya 
Ada dua tipe data lagi yang tidak dapat dikelompokan ke tipe data sebelumnya, yaitu Enum dan Set.

Tipe Data
Keteranga
Enum 
Kumpulan data (enumerasi), dapat menampung hingga 65535 striing.
Set 
Himpunan data (kombinasi), dapat menampung hingga 355 string.

Sebenarnya masih banyak yang pengen saya bahas, tapi waktunya yang belum ada, insa’alloh segera menyusul pembahasan yang lain nya. See you.

Comments

Popular posts from this blog

Cara melihat CCTV SPC di PC atau Laptop menggunakan SCMS

Pertama kita instal dulu software SCMS nya, biasa nya sudah ada CD yang berisikan software di dalam dus UVR/DVR, instal seperti biasa, jika sudah selesai buka software SCMS. Gambar di atas adalah tampilan awal SCMS.  Untuk password tidak usah di isi dan langsung klik login. Setelah anda klik login selanjut nya akan muncul seperti gambar di atas, disini kita klik Device Manager untuk menambahkan device baru. Gambar di atas adalah tampilan dari menu  Device Manager, untuk menambahkan device baru  kita pilih Manual Add, letak nya ada di pojok kiri bawah. Setelah kita klik Manual Add akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini  Isi Device name bebas terserah anda, Connect Mode ubah menjadi Cloud ID, isi Cloud ID menggunakan serial number yang ada di DVR/UVR, biasa nya berada di bagian bawah DVR, atau jika masih ada kardus nya ada di bagian atas kardus UVR, dan apabila tidak ada dua2 nya, bisa di lihat di menu network UVR/DVR tepat nya di bagian P2

Pengertian POAC, SMART dan SWOT

Assalamualaiku, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang " POAC, SMART dan SWOT ". Biasanya semua itu ada di pelajaran manajemen. Langsung aja kita bahas satu persatu. 1. Apasih manajemen itu ? Manajemen  adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Manajemen belum memiliki definisi yang luas dan diterima secara universal.  ( sumber ) 2. Apasih POAC itu ? POAC.  Adalah kepanjangan dari Planning , Organiting , Actuating dan Con

Bikin Form Login di Java (Netbeans)

Assalamu'alaikum wr wb. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial membuat form login di java (Netbeans). Gambar di atas adalah tampilan menu design dari form login. cukup sederhana bukan hhe Oke langsung aja masuk ke tahap pertama pembuata form login. 1. Buatlah 3 buah Label, Label ini berfungsi untuk pemberian nama seperti judul, username, dan password, cara mengubah nama di Label bisa dengan cara double klik dan ubah nama nya. Label sendiri terletak di bagian Swing Controls dan bernama Label. 2. Langkah keduan adalah dengan membuat 1 buah Text Field, disini Text Field berfungsi untuk menampung inputan user dalam memasukan username. Sama hal nya dengan Label, Text Field juga bisa di edit dengan cara double klik dan hapus semua huruf nya. Agar Text Field mudah di panggil ubah nama variable nya dengan cara klik kanan di Text Field nya lalu pilih change variable name, setelah itu edit namanya sesuai yg anda inginkan. Disini saya merubah namanya menjadi