Skip to main content

Ko Komputer Bisa Hang ??

Hallo teman - teman, selamat datang kembali...

Kali ini saya akan membahas penyebab kenapa komputer bisa Hang. Seperti biasa saya sarankan sebelum baca artikel ini cari posisi pw dulu, seduh kopi, nyender, oke mantep..



Hang komputer merupakan permasalahan yang terjadi pada saat komputer hidup dan mengalami berhentinya segala pengoprasian software atau aplikasi sedangkan kondisi hardware tetap hidup, ibarat kan kita sedang nyetel musik tiba - tiba ter-pause sendiri. Biasanya ini terjadi karena :
  • Overload dalam pengoprasian komputer 
  • Sistem oprasi komputer yang rusak 
  • Ram yang sudah lemah 
  • Hardisk terkena Badsector
  • Chipset Motherboard atau VGA yang terlalu panas

Hang Karena Over Load
Over load dalam pengoprasian komputer sering terjadi, hal ini diakibatkan oleh terlalu banyak aplikasi/program yang sedang berjalan pada saat komputer hidup, sehingga penggunaan CPU usage dan Memory penuh atau melampui batas. Sebagai contoh; kita membuka banyak program sekaligus seperti; Broswer, Adobe Photoshop, Coreldraw, dan Anti virus. 

Hang Karena Sistem Oprasi Windows Yang Rusak
Sistem Oprasi windows yang rusak dapat berpengaruh terhadap kinerja pada komputer sehingga dapat mengakibatkan terhentinya proces CPU. Maka dari itu windows perlu kita maintanance dari manajemen sistem windows, program, data dan keamanan.
Maintanance sistem windows, program, dan data dapat dilakukan dengan menggunakan tool yang sudah tersedia dalam sistem oprasi windows seperti disk cleanup, scandisk, dan defragmentation. Sedangkan untuk keamanan, kita bisa menggunakan software anti virus.

Hang diakibatkan Oleh Kondisi Ram Yang Lemah
Selain over load dan kerusakan sistem, komputer hang dapat terjadi karena diakibatkan oleh kondisi RAM yang sudah lemah. Sangat sulit untuk mengetahui kondisi RAM yang sudah lemah, kita perlu memeriksa dan menganalisis terhadap proses yang dijalankan oleh tool dan pemeriksaan langsung secara fisik terhadap kondisi RAM.
Untuk cara memeriksa atau mendiagnosa kerusakan RAM yang mengakibatkan hang, bisa dilakukan dengan cara :
  • Membuka Windows Task Manager, lihatlah prosentase atau kinerja memory, apakah normal atau tidak, memory bisa dikatakan normal jika presentase atau perfomance memory sesuai pemakain komputer, seperti; kita banyak membuka program komputer maka akan diikuti dengan prosentase atau perfomance yang tinggi. Berbeda jika dikatakan tidak ormal, yaitu kita tidak membuka program komputer apapun, akan tetapi prosentase atau perfomance memory tinggi. Dan ini kemungkinan kondisi RAM sudah lemah.

  • Setelah mengetahui kondisi kinerja RAM yang tidak normal, maka langkah selanjutnya kita membuka atau melepaskan RAM dari motherboard, dan perlu di ingat dalam melepaskan RAM harus dalam keadaan komputer mati.
  • Pasangkan RAM yang normal atau baru dan kita coba lagi melihat kinerja RAM menggunakan Windows Task Manager.
  • Jika kinerja RAM normal, maka diagnosa di atas itu benar yaitu letak kerusakan berada di RAM.

Hang Karena Hardisk Terkena Bad Sector
Selain badsector menyebabkan bluescreen, juga bisa menyebabkan hang. Untuk mengatasi badsector ringan atau lunak, sama dengan cara mengatasi bluescreen yang disebabkan badsector lunak yaitu dengan cara scan disk dan memformat disk.
Jika badsector lunak tidak bisa dihilangkan, maka badsector tersebut tergolong badsector berat/permanen, sehingga diperlukan software untuk mendeteksi letak, jumlah badsector dan software pemotong badsector (HD Tune)


Hang Karena Chipset Terlalu Panas (Over Heat)
Chipset motherboard kita bisa bagi dua macam yaitu South Bridge dan North Bridge, yang memiliki fungsi sebagai berikut :
  • South bridge berfungsi sebagai pengontrol IDE, USB dan Plug and Play.
  • North Bridge berfungsi sebagai penghubung antara CPU ke sistem memori dan Graphic Controller.
Dalam perkembangan nya South Bridge ada yang sudah dilengkapi hetsink dan belum, sedangkan North Bridge sudah dilengkapi hetsink. Dalam kasus ini biasanya chipset yang belum dilengkapi hetsink biasanya sangat mudah panas dan bisa menyebabkan hang.
Selain dari masalah itu, biasanya ada masalah lain yaitu thermal pasta yang sudah haus atau kering pada bagiat atas chipset, hal ini sangat berpengaruh terhadap kinerja chipset dan dapat menyebabkan chipset mudah panas, lalu komputer hang.

Selamat anda adalah salah satu orang yang membaca artikel ini sampai bawah.
See you.

Comments

Popular posts from this blog

Cara melihat CCTV SPC di PC atau Laptop menggunakan SCMS

Pertama kita instal dulu software SCMS nya, biasa nya sudah ada CD yang berisikan software di dalam dus UVR/DVR, instal seperti biasa, jika sudah selesai buka software SCMS. Gambar di atas adalah tampilan awal SCMS.  Untuk password tidak usah di isi dan langsung klik login. Setelah anda klik login selanjut nya akan muncul seperti gambar di atas, disini kita klik Device Manager untuk menambahkan device baru. Gambar di atas adalah tampilan dari menu  Device Manager, untuk menambahkan device baru  kita pilih Manual Add, letak nya ada di pojok kiri bawah. Setelah kita klik Manual Add akan muncul tampilan gambar seperti di bawah ini  Isi Device name bebas terserah anda, Connect Mode ubah menjadi Cloud ID, isi Cloud ID menggunakan serial number yang ada di DVR/UVR, biasa nya berada di bagian bawah DVR, atau jika masih ada kardus nya ada di bagian atas kardus UVR, dan apabila tidak ada dua2 nya, bisa di lihat di menu network UVR/DVR tepat nya di bagian P2

Pengertian POAC, SMART dan SWOT

Assalamualaiku, pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tentang " POAC, SMART dan SWOT ". Biasanya semua itu ada di pelajaran manajemen. Langsung aja kita bahas satu persatu. 1. Apasih manajemen itu ? Manajemen  adalah seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi Mary Parker Follet ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal.Manajemen belum memiliki definisi yang luas dan diterima secara universal.  ( sumber ) 2. Apasih POAC itu ? POAC.  Adalah kepanjangan dari Planning , Organiting , Actuating dan Con

Bikin Form Login di Java (Netbeans)

Assalamu'alaikum wr wb. Pada kesempatan kali ini saya akan sedikit berbagi tutorial membuat form login di java (Netbeans). Gambar di atas adalah tampilan menu design dari form login. cukup sederhana bukan hhe Oke langsung aja masuk ke tahap pertama pembuata form login. 1. Buatlah 3 buah Label, Label ini berfungsi untuk pemberian nama seperti judul, username, dan password, cara mengubah nama di Label bisa dengan cara double klik dan ubah nama nya. Label sendiri terletak di bagian Swing Controls dan bernama Label. 2. Langkah keduan adalah dengan membuat 1 buah Text Field, disini Text Field berfungsi untuk menampung inputan user dalam memasukan username. Sama hal nya dengan Label, Text Field juga bisa di edit dengan cara double klik dan hapus semua huruf nya. Agar Text Field mudah di panggil ubah nama variable nya dengan cara klik kanan di Text Field nya lalu pilih change variable name, setelah itu edit namanya sesuai yg anda inginkan. Disini saya merubah namanya menjadi